Rabu, 19 Desember 2012

Daisy



okeh.. kali ini aku ingin menulis kembali selarik kisah pada sebuah film ‘Daisy’.. film juga termasuk karya sastra lho, karena sebelum di filmkan, tentu ada naskah ceritanya kan... nah ini dia cerita singkatnya. ‘cinta’ terkadang bisa dibahasakan dalam diam. Seperti pada film ini ‘daisy_cinta tersembunyi’. Selamat menikmati...^^
*dari sini kita bisa sambil belajar diksi, bahasa sederhana namun berirama.


1/ Pria Daisy
Bunga bisa mengantarkan cinta, tetapi juga bisa mengantarkan kematian. Aku mulai menanam bunga dan dia melukis. Aku harap ini bisa menghilangkan bau mesiu padaku. Tetapi bau jauh di dalam jiwaku tidak bisa hilang.
Senjata magnum 357 tidak meninggalkan kerang (jejak). Titik ujung peluru juga tidak meninggalkan kerang. Bagi seorang pembunuh, meninggalkan jejak berarti kematian.

2/ Hye-young
Siapa yang bisa itu? Seseorang mengirimkanku bunga setiap hari pada jam 04:15. Aku mencari arti dari bunga daisy. Cinta tersembunyi!
Kakekku berfikir, aku ini seperti barang antik.. karena aku 24 tahun dan belum pernah kencan. Tetapi aku punya seseorang yang sedang menunggu.

3/ pria Daisy
Aku ingat hari pertama melihatnya. April 15th. Hari setelah aku membunuh seorang laki-laki untuk pertama kalinya. Setelah itu, aku mulai mengantarkan bunga daisy kepadanya setiap hari. Karena dia, aku belajar tentang Van Gogh, Monet dan Rembrandt.
** 
Jika aku berpura-pura, aku seperti dia... aku merasa seperti jiwa baru. Setidaknya sedikit.

4/ Hye-young
Mengapa ia mengirim bunga tetapi tidak pernah menunjukkan dirinya?

5/pria Daisy
Siapa laki-aki itu? Seseorang membuatnya tersenyum.

6/ Hye-young
Hujan lebat dan dia tidak akan datang. Bukan karena hujan, bahwa aku menunggu untuk ....

7/Pria Daisy
Jeong Woo? Interpol!

8/Hye young
Itu musim semi, aku pergi kesana untuk melukis daisy. Itu untuk sebuah pameran. Untukku, daisy adalah bunga matahari kecil. Van Gogh melukis bunga matahari. Aku melukis daisy. Van Gogh adalah orang yang membuat aku ingin menjadi pelukis.
Setelah jatuh, aku terlalu takut menyebrangi jembatan kayu... jadi aku mengambil jalan memutar. Tetapi kemudian, aku menemukan sebuah jembatan baru. Pada awalnya, aku pikir itu kebetulan. Tetapi kemudian aku merasa bahwa seseorang membangun jembatan ini hanya untukku.
Keesokan harinya, seseorang mengambil lukisan. Aku pikir dialah orang yang membangun jembatan untukku. Karena setelah itu, seseorang mula mengirimkan aku daisy. Saya melihat keluar jendela. Berharap dapat melihat pengirimnya. Tetapi tidak ada orang disana. Jadi aku melukis dirinya sebagai bayangan. Aku telah menunggunya. Dan aku pikir aku sudah menemukannya. 

9/Jeong woo
Aku tidak bisa mengatakan padanya aku bukan seseorang.. lebih baik daripada berbohong.. atau mengatakan yang sebenarnya.. aku memilih diam.
Dari sini aku dapat melihat semuanya. Persembunyian mereka, apotek.. dan tidak khawatir kalau terlihat. Karena dia menghalangiku.
Kali kedua aku duduk didepannya untuk dilukis.. aku merasa dia memiliki perasaan untukku.
***
“untungnya, itu hanya pencuri kecil. Aku beruntung penyamaranku tidak terbongkar.”
Sekarang mereka (para penjahat) harus tahu aku disini.. aku tahu aku menempatkan dirinya dalam bahaya, tapi aku tidak bisa menahan diri. Aku harap aku seorang lelaki, dia menunggu untukku.

10/Hye -young
Aku kehilangan suara dari peluru nyasar dan shock. Mereka mengatakan kepadaku Jeong woo terluka dan dikirim kembali ke korea. Tapi aku tidak bisa percaya.
Untuk menyambutku bekerja, kakekku mengambil gambar. Ada seorang laki-laki berdiri di sebrang jalan di dalam gambar. Jeong woo. Mengapa ia tidak datang dan menemui saya?

11/pria Daisy
Dia tampak begitu sedih.. jadi aku tidak bisa tinggal diam lagi. Aku bersamanya sekarang. Aku akan membawanya pulang.. aku megantarnya sampai rumah.

12/Hye- young
Karena aku tidak bisa bicara.. dia memainkan musik untukku. Tetapi aku masih menunggu untuk jeong woo. Aku tidak punya tempat untuknya di hatiku.
**Aku sudah terbiasa menunggu. Kata kakekku orangtuaku akan datang, tetapi mereka tidak datang. Dan karena kamu, jeong woo. Aku sudah terbiasa untuk menunggu.
*terimakasih sudah menjadi begitu baik. Aku minta maaf. Tapi aku sudah jatuh cita dengan orang lain.
***  
Dia membangun sebuah jembatan untukku dan mengirimkan aku daisysetiap hari.
Jeong woo.
sepertinya dia menyalahkan dirinya atas apa yang terjadi padaku.. tetapi ia tidak mengerti, aku kehilangan dia..
jauh lebih menyakitkan daripada kehilangan suaraku. Aku tidak melakukan apapun untuknya. Aku bahkan tidak pernah mengucapkan terima kasih. April 15th.
Dia berjanji untuk datangdi pameranku. Aku menunggunya.
***  
Jeong woo.. kenapa ia tidak mengatakan apa-apa? Aku tidak bisa bicara, tapi aku bisa mendengar kalau ia berbicara.

13/Jeong woo
Dia kehilangan suaranya. Dan aku kehilangan dia.
*** 
Bagaimana dia bisa tahu ini aku dari belakang mobil. Jika kamu adalah pembunuh.. apa yang akan terjadi dengan Hye-young?
“kau bisa saja menembakku, aku penasaran bagaimana kau bisa mengenaliku. Aku bukanlah targetmu? Apakah kau berpikir aku tidak akan menembakmu?”
“aku tidak tahu apakah kau akan menembakku atau tidak. Tapi aku tahu aku bisa.”
“cobalah”
“aku tidak perlu mencoba”
“aku juga tidak”
“apakah kau lupa siapa dirimu? Kau orang baik. Aku orang jahat.”
“kau tidak datang utnuk membunuhku? Kenapa?”
“ untuk Hye-young.”
“bukan untukmu?”
“aku bilang padanya aku harus tinggal di luar negeri ditempat pertama.”
“kau pria daisy..?”
“dia belum tahu.”
“apakah kau tahu berapa lama dia menungg untukmu?”
“hnya sebelum kau datang. Kau harus pergi ke pameran hari ini.
“bagaimana denganmu?”
“kecuali kau menagkapku.. aku akan menghilang”

14/Hye- young
Aku merasa menyesal tentang hal itu, tapi aku menggambar setiap kali aku memikirkan Jeong woo. Ini membuatku lebih kesepian.

15/pria daisy
Dia sketsaku.. mungkin hanya karena dia merasa menyesal. Tetapi, masih ada aku dalam jangkauannya.



***/dipemakaman jeong woo bersama kepala interpol
Itu sudah satu tahun. Tapi aku masih tidak tahu apa yang terjadi. Sebelum dia di bunuh, dia bilang dia bertemu dengan seorang teman.. dan mereka beragkat bersama-sama. Satu-satunya petunjuk adalah stereo mobilnya.. itu sedang memutar musik klasik. Jeong woo tidak pernah mendengarkan hal semacam itu. Itu berarti temannya mengubahnya. Dan dia hilang. Kita juga sudah pelajari bahwa pembunuh itu menerima tulip hitam ketika mereka dikontrak.

16/Pria Daisy
Maaf.
Awalnya..
Aku hanya ingin membantu wanita muda yang cantik ini. Aku membangun sebuag jembatan, amak kau memberiku sebuah lukisan. Dan aku mulai mengirimkn daisy. Tetapi jembatan yang kubangun, menjadi jembatan antara kau dan dia.
Kemudian, aku bisa melihat kau begitu sedih setelah ia pergi. Itu sebabnya.. aku muncul..
Sekarang aku akan memberikan hatimu kembali.

17/Hye young (disebuah area tempat  dimana pria daisy akan melaksanakan misinya. *pembunuh bayaran)
Hentikan.. hentikan.. hentikan..
Apakah kau melihat lukisan ini? Kau membuatku begitu bahagia. lukisan ini, aku memberikannya kepadamu. Maaf aku tidak mengenalimu. Sekarang aku tahu bahwa kamulah orang yang membuatku menunggu..

18/pria daisy (akhirnya muncul di hadapan hye young)
Hye-young..
Aku disini..
Maaf. Aku tidak bisa..
Aku tidak pantas untukmu.
Maaf aku menyakitimu..
Jeong woo..
Maaf aku telah membiarkan jeong woo mati.
Semua itu kulakukan hanya ingin membuatmu bahagia. Maaf.

***_suara tembakan_ Kau menggantikan tubuhku tertembus peluru... (pria daisy)

//Hye young
“cintaku hanya sebuah mimpi.. semua itu begitu dekat denganku. tetapi semua itu aku lakukan..hanya melihatmu tanpa berbicara. Di kota orang asing ini, aku hidup hari demi hari melukis cinta. Menunggu dan berharap kau akan berada disini dengan aroma bunga daisy. Tetapi terlambat sekarang.. aku akhirnya mengenalimu. Tapi mungkin kami tidak ditakdirkan untuk bersatu. Aku tak pernah ingin biarkan cinta ini terbang jauh. Tapi aku minta maaf. Aku harus pergi.. denganmu masih bernafas disini..”

//Daisy
*tidak, jangan. Aku minta maaf. Tidak, tidak...

[*] Hye-young akhirnya meninggal karena tertembak. Tepat pada hari dimana ia bisa melihat pria daisy yang selama ini ia tunggu. Pria dengan aroma bunga daisy. Pria yang membuatnya bahagia. Pria yang telah mampu membuatnya melukis daisy. Di hutan daisy. Jembatan kayu...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar